Minggu, 13 Desember 2015

Refleksi Mata Kuliah PPMDI



Refleksi Mata kuliah PPMDI
(Perkembangan Pemikiran Modern Dalam Islam)

Pada perkuliahan semester 3 ini saya  mendapat mata kuliah PPMDI (Perkembangan Pemikiran Modern Dalam Islam). Awalnya saat pertemuan pertama mata kuliah ini, saya mempunyai banyak sekali pertanyaan di pikiran saya. Seperti,  Apa yang dimaksud dengan  PPMDI (Perkembangan Pemikiran Modern Dalam Islam)? Apa saja yang akan dipelajarai pada  mata kuliah PPMDI ? dan apa sih pentingnya mempelajari mata kuliah  PPMDI ini? Tetapi, setelah berjalannya waktu perkuliahan mata kuliah ini, ada banyak sekali ilmu pengetahuan baru yang saya dapatkan. Ternyata  saya masih sangat  awam akan mata kuliah  PPMDI itu sendiri. Alhamdulillahnya lagi  saya dibimbing dan diajar langsung oleh dosen yang berwawasan luas dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang PPMDI (Perkembangan Pemikiran Modern Dalam Islam) yang bernama bapak Abdul Basith. Selain itu, beliau juga mampu membawa saya dan teman-teman sekelas saya masuk kedalam penjelasan materi yang sedang beliau jelaskan dan juga menjelaskan materi secara terperinci serta langsung kepada point-point penting yang beliau maksudkan. Beliau juga tepat waktu dan disiplin dalam masuk kedalam kelas sangat patut dijadikan contoh oleh mahasiswanya. Banyak sekali yang saya dapatkan dari mata kuliah PPMDI ini dan ternyata mata kuliah ini sangat menarik ketika kita  lebih mempelajari secara mendalam materinya. Kita, sebagai calon pendidik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam harus dibekali dengan materi-materi  matakuliah PPMDI, banyak tokoh-tokoh pembaharuan dalam islam yang menarik untuk dipelajari. Akan tetapi, dalam pembelajaran yang dilakukan oleh bapak Abdul Basit, beliau tetap menerangkan  materi dalam  kelas yang keadaannya kurang kondusif  bapak terus melanjutkan dan melakukan pembiaran kepada mahasiswa yang tidak memperhatikan apa yang sedang bapak terangkan, Sebaiknya, akan lebih baik kalau bapak menegur mahasiswa yang kurang memperhatikan ketika bapak sedang menerangkan materi . Dalam segi pemberian tugas, saya rasa sudah cukup baik, namun tugas tersebut kurang efektif karena dalam pembuatan makalah tersebut yang membuat cuma beberapa orang saja dalam kelompok, seperti kelompok saya saja yang mengerjakan hanya saya dan satu teman saya saja padahal dalam kelompok itu terdapat empat anggota. Dalam penyampaian materi saya rasa  cukup baik dan juga sering ditunjang juga dengan materi lain yang dapat memudahkan mahasiswa memahami materi-materi tersebut. Dalam komunikasi dan interaksi bapak Abdul Basit dengan mahasiswanya sangat baik, kadang-kadang sering merekomendasikan beberapa buku-buku yang berhubungan dengan materi yang disampaikan. Namun dalam intonasi kurang keras dan tidak sampai kedengara dari belakang. Hubungan antara Bapak Abdul Basit terhadap mahasiswa juga kurang intensif menurut saya pribadi, karena masih ada beberapa mahasiswa masih ragu-ragu  bertanya kepada Bapak Abdul Basit mugkin termasuk saya didalamnya. Kesan saya selama diajarkan oleh bapak Abdul Basit, saya banyak mendapatkan  ilmu pengetahuan yang baru dan sangat bermanfaat, semoga kedepannya bapak dapat lebih baik dalam pengajarannya dan semakin menarik serta inovatif dan menggunakan metode-metode yang lebih banyak ketika menyampaikan materi dan menurut saya pembuatan makalah akan lebih baik untuk tugas individu, karena masih ada mahasiswa yang tidak ikut dalam pembuatan makalah. Dan semoga bapak tetap akan menjadi dosen yang menginspirasi mahasiswanya, tetap sehat  beserta keluarganya  serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Serta lebih tegas lagi dalam menangani mahasiswa yang kurang mendengarkan apa yang sedang diterangkan oleh bapak.  Saya pribadi mohon maaf sebesar-besarnya apabila selama bapak mengajar di kelas,  ada kesalahan yang mungkin membuat bapak kurang enak hati dan maaf atas keterlambatan yang munkin sering saya dan teman-teman saya lakukan ketika masuk  jam kuliah  bapak. Semoga dikedepannya kita dapat sama-sama menjadi manusia yang bermanfaat bagi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar